Tips Investasi Berupa Properti Rumah

Share:
Investasi properti rumah merupakan salah satu langkah awal dalam menambah penghasilan. Rumah merupakan salah satu aset yang nilainya lebih sering naik dibandingkan turun. Risiko berinvestasi rumah juga terbilang lebih kecil sehingga aman bagi anda yang masih awam dalam berinvestasi. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum memulai investasi agar meraih lebih banyak keuntungan.

Pertimbangan Finansial
Prinsip dalam berinvestasi yang aman adalah menggunakan dana tak terpakai untuk melakukan pembelian. Investasi properti rumah membutuhkan modal yang cukup besar. Namun, apabila anda terpaksa meminjam, jumlah cicilan yang ideal adalah 30% dari pendapatan.

Tentukan Lokasi
Lokasi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam berinvestasi properti rumah. Semakin strategis lokasinya, semakin tinggi harga jualnya. Carilah lokasi yang prospek perkembangannya bagus, dikelola oleh pengembang yang berpengalaman dan baik di bidangnya. Lokasi rumah yang dekat dengan berbagai fasilitas umum dan tempat wisata juga akan menaikkan harganya.

Modal
Modal untuk berinvestasi sebaiknya sekecil mungkin namun usahakan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Modal yang anda miliki dari dana pribadi akan lebih meringankan dibandingkan jika harus meminjam. Dalam investasi properti rumah, anda dapat melakukan dua hal yaitu menjualnya kembali atau menyewakan. Keuntungan yang didapat jika anda menjual kembali tentu lebih besar. Namun jika anda sewakan, maka anda akan mendapatkan keuntungan terus-menerus secara berkala selama masa sewa.

Tentukan Biaya Sewa
Dalam prosesnya, anda harus bisa menentukan berapa uang sewa atau harga jual properti anda agar meraih keuntungan namun tidak merusak harga pasaran. Anda dapat memasukkan anggaran perawatan ke dalam biaya sewa untuk menutup biaya operasional dan perawatan aset tersebut.

Asuransi Rumah
Untuk keamanan, asuransikan berbagai jenis properti yang anda miliki agar anda dapat hak klaim apabila terjadi sesuatu pada properti-properti tersebut. Kita tidak dapat memprediksi bencana alam dan kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh hal lainnya, namun asuransi akan meringankan atau bahkan mengganti seluruh biaya yang diperlukan untuk memperbarui rumah.

Berinvestasi properti rumah memiliki risiko paling kecil dibandingkan dengan investasi jenis lainnya. Maka, banyak orang awam yang terjun ke dunia investasi diawali dengan properti. Meski begitu, anda juga harus mempelajari seluk-beluk tentang jual-beli rumah agar tidak mudah tertipu atau mendapatkan kerugian di kemudian hari. Berbagai cara dapat anda lakukan seperti berbagi dengan sesama investor, ikut kelas-kelas dan berbagai kursus investasi, membaca buku tentang investasi, dan lain-lain. Poin-poin di atas merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan investasi rumah, resapi dan pahami untuk mengawali investasi anda agar anda dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Tekun dan teliti tetap menjadi kunci dalam menjalankan bisnis, maka jangan pernah luput dari kedua hal tersebut.
Baca juga : Tips mencari properti di jakarta timur