Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru?

Share:
Membeli barang memang lebih baik jika kita butuhkan, sama halnya dengan membeli sebuah mobil. Saat ini, mobil bukan lagi barang mewah, banyak orang yang berlomba-lomba untuk memiliki mobil. Ada yang memang membutuhkannya, ada yang hanya sekedar mengikuti tren. Sebagian orang memilih untuk membeli mobil bekas sebagian lagi ada yang memilih membeli mobil baru. Lalu, mana yang menguntungkan? Kredit mobil bekas atau mobil baru? Mari simak beberapa hal berikut:

Uang Muka (DP)
Jika dilihat dari besaran uang muka (DP), untuk pembelian mobil sudah diatur oleh pemerintah. Jumlah DP yang harus dibayarkan ketika mengambil mobil secara kredit adalah 30% dari harga mobil tersebut. Artinya, jika anda mengambil mobil baru seharga Rp 200.000.000 maka anda harus membayar DP sekitar Rp 60.000.000, sedangkan jika anda mengambil mobil bekas seharga Rp 100.000.000 maka anda hanya membayar DP sekitarRp 30.000.000. Lebih ringan untuk DP mobil bekas ketimbang mobil baru.

Harga Jual di Kemudian Hari
Memutuskan membeli suatu barang, bisa jadi anda akan menjualnya di kemudian hari. Hal ini yang harus anda pertimbangkan ketika memilih membeli sebuah mobil.
Membeli sebuah mobil baru, akan menimbulkan risiko penurunan harga yang signifikan ketika anda memutuskan untuk menjualnya di kemudian hari. Tetapi, jika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, maka anda akan mengalami penurunan harga yang rendah dan masih dalam kategori tidak merugikan jika anda akan menjualnya di kemudian hari.
    Baca juga : Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Biaya Perawatan
Memilih memiliki mobil, berarti anda juga harus mempertimbangkan biaya perawatannya. Mobil baru tentu saja masih dalam kondisi yang sangat baik dan performa yang oke.Jadi, tidak memerlukan perawatan yang menguras kantong. Tetapi, jika anda memilih membeli mobil bekas, anda perlu memperhatikan kondisi mobil yang akan anda beli  sehingga anda tidak jebol dalam urusan perawatan mobil tersebut.

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Keuangan Anda
Memilih untuk membeli mobil secara kredit, berarti anda sudah siap dengan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Jangan sampai pembiayaan untuk kredit mobil anda mengambil 50% dari penghasilan anda.
Tentukan tenor yang tepat untuk pengambilan kredit anda. Karena, semakin lama tenor yang anda ambil, berarti semakin besar bunga cicilan yang harus anda bayarkan.
Memiliki kendaraan, berarti anda harus mempunyai dana untuk perawatan dan bahan bakarnya. Jadi, sesuaikan dengan kemampuan anda.

Asuransi yang Ditawarkan
Membeli mobil, berarti anda butuh asuransi untuk kendaraan anda. Sebelum memilih asuransi, ada baiknya anda mempelajari dulu jenis asuransinya dan cara klaim asuransi tersebut.
Demikian beberapa poin yang bisa anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit mobil baru atau kredit mobil bekas.