Jangan Sampai Lewatkan 6 Manfaat Sarapan Sehat Pagi Ini!

Share:
Banyak orang khususnya di Indonesia yang sering kali meninggalkan waktu makan pagi atau yang dikenal juga sebagai sarapan, karena merasa tidak terlalu lapar ataupun juga disebabkan tidak ada waktu untuk sekedar memasak, sehingga lebih memilih sarapan sekalian makan siang nantinya. Padahal sebenarnya ini adalah hal yang salah dan tidak baik untuk dilakukan. Sarapan sehat pagi adalah saat yang paling penting bagi tubuh di dalam mencukupi nutrisi atau asupan energi sehingga nantinya siap untuk digunakan dalam menjalankan rutinitas harian.

Hanya saja juga patut untuk diketahui bahwa pemilihan menu sarapan ini juga menjadi hal yang sangat penting, karena faktanya banyak orang yang justru mengawali hari dengan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Sehingga akan memberikan efek buruk bagi tubuh, seperti mual karena asam lambung yang naik, maupun juga sulit untuk berkonsentrasi karena terlalu mengantuk. Jadi memilih menu sarapan juga ada aturannya, seperti diantaranya adalah memperbanyak porsi untuk protein dibandingkan dengan karbohidrat.

Sebaiknya dalam menyiapkan menu sarapan sehat pagi ini juga harus memperhatikan kualitas bahan makanan yang digunakan, kurangi juga jenis makanan yang banyak mengandung minyak atau digoreng, apalagi bagi Anda yang tengah berdiet. Patut untuk diketahui banyaknya manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh dengan melakukan kebiasaan sarapan ini, yaitu:

  1. Sebagai sumber energi tubuh, sebelum menjalani rutinitas harian, baik itu bekerja atau juga sekolah, tentunya tubuh membutuhkan energi yang baru setelah sebelumnya membakar energi dengan tidur, maka sarapan ini adalah alternatif terbaiknya, dengan mengkonsumsi makanan pada pagi hari sebenarnya tubuh seperti telah dicharger, sehingga ada energi yang akan digunakan untuk beraktivitas.
  2. Bagus untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi makanan di pagi hari justru bisa menurunkan berat badan? Jawabannya memang benar, karena dengan adanya sarapan sehat hal ini akan melancarkan program diet yang Anda jalani, sebaliknya diet tanpa diimbangi dengan sarapan maka akan membuatnya berantakan, karena pada saat siang hari tubuh terasa benar-benar lapar justru sembarangan di dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan.
  3. Mengatasi anemia, mereka yang bermasalah dengan rendahnya sel-sel darah merah di dalam tubuh atau yang dikenal dengan anemia akan mudah sekali pusing dan juga lemas, untuk itu harus selalu mengawali hari dengan sarapan, sehingga nantinya ada energi yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas, tidak akan mudah merasa lemas dan lesu lagi.
  4. Bisa meningkatkan sistem kardiovaskuler tubuh, sarapan yang sehat efektif di dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, dapat meringankan kinerja dari jantung untuk memompa darah, sehingga organ kardiovaskuler ini nantinya juga akan tetap sehat.
  5. Turunkan kadar gula darah, dengan menu sarapan sehat yang kandungan karbonya rendah bagus untuk jaga kadar gula, sehingga tidak mudah meningkat. Apalagi untuk mereka yang sudah di diagnosa menderita beberapa jenis penyakit berbahaya seperti diantaranya adalah diabetes melitus.
  6. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tubuh yang tercukupi asupan nutrisi dan juga energinya tidak akan mudah terserang penyakit, selalu terlihat bugar dan juga sehat.

Jadi jangan pernah Anda melewatkan manfaat menakjubkan dari sarapan sehat pagi ini, meskipun hanya sepotong kue yang ditambah dengan selai saja, karena sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda sebelum nantinya mengawali rutinitas yang cukup berat, entah itu bekerja, sekolah atau yang lainnya.