Tips Memilih Susu Formula yang Pas untuk Bayi

Share:
Asi mengandung nutrisi alami dan lengkap yang dibutuhkan oleh bayi. Hal inilah yang membuat banyak ibu yang ingin memberikan Asi eksklusif selama minimal 6 bulan. Namun, pada beberapa kondisi ada ibu yang tidak dapat memberikan Asi secara eksklusif.

Agar kebutuhan nutrisi bayi dapat terpenuhi, banyak ibu yang memberikan susu formula. Sebenarnya pemberian susu formula pada bayi bukanlah sebuah masalah, tetapi Anda harus teliti dalam memilih susu formula yang tepat bagi bayi. Sebaiknya pilihlah susu formula dengan kandungan yang aman bagi pencernaan bayi.

Jenis susu formula untuk bayi
Ada beberapa jenis susu formula untuk bayi yang ditemui di pasaran. Setiap jenis susu formula memiliki karaketeristik dan nutrisi yang berbeda-beda. Agar memudahkan Anda mencari susu formula yang tepat, berikut beberapa jenis susu formula, antara lain:

Susu formula adaptasi
Susu formula adaptasi biasanya diberikan pada bayi usia 0-4 bulan. Kandungan nutrisi pada susu formula ini juga telah disesuaikan dengan kebutuhan bayi usia 0-4 bulan.

Susu formula awal lengkap
Susu formula adaptasi lengkap memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan susu adaptasi. Selain itu, harga susu formula lengkap awal juga lebih murah. Hal ini karena biaya proses pengolahan susu ini lebih murah.

Susu formula follow-up
Susu formula follow-up merupakan jenis susu formula lanjutan yang dapat diberikan pada bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun. Susu formula ini juga telah dilengkapi vitamin D dan zat besi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi 6 bulan ke atas.

Susu formula prematur
Susu formula prematur merupakan jenis susu formula yang cocok diberikan kepada anak yang lahir prematur atau terlahir jauh sebelum hari perkiraan lahir. Bayi prematur membutuhkan asupan nutrisi khusus, karena tumbuh kembang bayi yang belum sempurna.

Selain itu, bayi prematur juga belum memiliki pencernaan yang sempurna, sehingga membutuhkan susu formula khusus. Sebaiknya pilihlah susu formula prematur yang memiliki nutrisi lengkap dan tidak mengganggu pencernaan, sehingga bayi prematur dapat mengejar pertumbuhan yang tertinggal.

Susu formula hipoalergenik
Ada beberapa kondisi dimana bayi mengalami alergi terhadap protein. Hal ini menyebabkan tubuh bayi tidak dapat mencerna protein dengan baik. Susu formula hipoalergenik merupakan jenis susu formula yang dikhususkan untuk bayi yang mengalami alergi terhadap protein. Sebaiknya periksakan kondisi bayi sebelum memilih susu hipoalergenik yang tepat.

Susu soya
Susu soya merupakan jenis susu formula yang dikhususkan untuk bayi yang mengalami alergi terhadap laktosa dalam susu sapi. Susu soya terbuat dari kedelai, sehingga aman dikonsumsi bayi yang alergi terhadap susu sapi.

Tips memilih susu formula untuk bayi
Sistem pencernaan pada bayi belum terbentuk dengan sempurna. Hal inilah yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih susu formula yang cocok untuk bayi. Sebelum memilih susu formula untuk bayi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti memilih susu formula yang memiliki nutrisi lengkap. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter untuk menentukan merk susu formula yang tepat.

Morinaga memproduksi berbagai jenis susu formula untuk anak usia 0-12 tahun. Jenis susu formula yang cocok untuk bayi usia 0-6 bulan adalah Morinaga BMT. Susu Morinaga memiliki kandungan nutrisi yang aman, sehingga tidak mengganggu sistem pencernaan bayi.

Selain itu, Morinaga BMT juga dilengkapi kandungan nutrisi lengkap yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi optimal. Rasa susu Morinaga BMT juga lebih nikmat, sehingga cocok diberikan untuk bayi Anda.