Tanda Bahwa Kendaraan Butuh Service AC Mobil

Share:
Sudah bukan rahasia lagi jika pemilik mobil kadang kurang memerhatikan kondisi AC mobil sehingga kadang kerusakan parah tiba-tiba terjadi dan kabin menjadi panas. Jika sudah berada dalam kondisi seperti itu berkendara menjadi kurang menyenangkan, kabin menjadi panas dan terasa gerah. Perjalanan menjadi tidak nyaman karena udara yang panas, terlebih jika perjalanan dilakukan siang hari yang sangat terik. Tak heran jika pemilik mobil kadang hanya fokus pada kebersihan dan kondisi mesin sehingga AC mobil menjadi terlupakan lalu rusak parah. Untuk menghindari hal tersebut ketahui beberapa tanda bahwa kendaraan butuh service ac mobil di bengkel AC mobil.

Tanda Kendaraan Butuh Service AC Mobil
1. Bau Apek
Tanda kendaraan butuh service AC mobil di bengkel AC mobil yang pertama adalah adanya bau apek. Bau apek atau bau tak sedap yang muncul ketika AC dihidupkan disebabkan oleh area lembap yang ditumbuhi jamur pada komponen AC mobil, seperti evaporator. Tak hanya karena jamur, bau tersebut juga disebabkan oleh adanya tumpukan debu dan kotoran.

2. Kelipatan 10.000 hingga 40.000 Km
Tanda yang satu ini mungkin terlihat aneh, namun perlu diketahui bahwa Anda lebih baik melakukan service setiap kelipatan 10.000 km. Pada kelipatan tersebut Anda bisa melakukan service kecil dan jika kelipatan sudah mencapai 20.000-40.000, Anda harus melakukan service besar agar AC mobil bisa berfungsi dengan normal.

3. Tidak Dingin
Tanda bahwa kendaraan butuh service AC mobil di bengkel ac mobil yang selanjutnya adalah AC mobil yang tidak terasa dingin. Jika AC mobil Anda dalam kondisi seperti ini, Anda harus waspada dan tidak mengambil tindakan sembarangan agar AC mobil tidak bertambah rusak. Penyebab AC mobil tidak dingin cukup beragam, antara lain:

A. Freon
AC mobil menjadi tidak dingin bisa disebabkan oleh freon yang habis atau kurang. Sebenarnya freon tidak akan habis atau berkurang, namun hal tersebut bisa saja terjadi jika ada kebocoran pada sistem. Penyebab dari bocor tersebut bisa saja karena komponen karet yang sudah terlalu lama atau adanya masalah pada valve kompresor.

B. Filter
Selain freon, AC mobil juga bisa menjadi tidak dingin karena saringan atau filter yang tersumbat. Filter tersebut berfungsi untuk menyaring berbagai kotoran dan debu, jika tidak dibersihkan secara teratur maka kotoran dan debu tersebut akan menumpuk lalu menyumbat jalannya sirkulasi udara.

C. Extra Fan
Extra fan adalah salah satu komponen yang cukup penting pada AC mobil. Ketika komponen yang satu ini bermasalah, maka proses kondensasi yang terjadi pada kondensor tidak akan berfungsi dengan normal. Meskipun extra fan hidup tapi jika putarannya lemah maka akan membuat AC menjadi tidak dingin karena embusan anginnya kecil.

D. Evaporator
Hal yang paling sering mengganggu pada komponen yang satu ini adalah debu. Debu akan membuat evaporator kotor dan jika terus menumpuk akan membuat evaporator menjadi tersumbat. Jika sudah begitu sirkulasi yang terjadi tidak akan berjalan dengan lancar.

E. Kondensor
Hampir sama dengan evaporator, saat kondensor kotor akan membuat sirkulasi menjadi tidak normal. Komponen yang satu ini terletak di bagian depan dan dekat dengan radiator. Posisi tersebut sangat rentan kotor sehingga harus dilakukan pengecekan secara berkala agar kondensor tetap bersih.
Itulah sedikit ulasan tentang tanda bahwa kendaraan butuh service AC mobil. Semoga bermanfaat.