Macam Jenis Mesin Jahit Portable

Share:
Mesin jahit portable merupakan sebuah mesin jahit serbaguna yang bisa difungsikan untuk menjahit baju maupun berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Mesin jahit portable memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan mesin jahit biasanya sehingga memudahkan para pengguna untuk menyimpan maupun memindahkannya. Saat  ini pun telah tersedia berbagai jenis mesin jahit portable dari berbagai macam merk, jenis hingga fungsinya. Pastikan Anda mengetahui dengan baik fungsi  maupun jenis mesin jahit portable sebelum memutuskan membelinya.

Setidaknya mesin jahit portable mempunyai berai sekitar 5 kg atau kurang sehingga jauh lebih praktis digunakan, dibawa dan dipindahkan karena tidak memakan banyak tempat. Selain itu, mesin jahit serbaguna ini juga dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat kegiatan menjahit semakin mudah, baik untuk para penjahit profesional maupun yang masih di kelas pemula. Hampir sebagian besar industri konveksi juga menggunakan mesin jahit portable lho dengan hasil jahitan yang sangat terakui, hanya saja ukurannya memang lebih besar dan tidak cocok apabila digunakan di rumah. Berikut ini beberapa jenis dan fungsi mesin jahit portable yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan di rumah.

Mesin Jahit Komputer
Mesin jahit komputer termasuk salah satu mesin jahit portable yang paling banyak digunakan di rumah. Dengan mesin ini, para pengguna bisa mengatur jenis jahitan dengan kecepatan menjahit maksimal hanya dengan menyentuh tombol yang ada pada mesin. Selain itu, fitur yang dimiliki mesin jahit komputer juga sangat beragam, mulai dari fitur menjahit hingga fitur mumpuni untuk kebutuhan membordir. Untuk mesin jahit komputer yang dilengkapi fitur membordir, tentu saja harga jualnya jauh lebih mahal dibandingkan mesin jahit komputer dengan fitur menjahit saja. Untuk itu, pastikan Anda menyesuaikan pembelian mesin jahit dengan kebutuhan penggunaannya nanti. Mesin jahit komputer juga telah dilengkapi metode pengoperasian yang lebih praktis sehingga mudah digunakan oleh semua orang, termasuk Anda yang belum terbiasa memegangnya.

Mesin Jahit Elektrik
Berikutnya ada mesin jahit elektrik atau listrik yang bisa dijalankan dengan menginjak sebuah pedal kaki. Mesin ini juga memiliki fitur untuk mengatur kecepatan penjahitan. Yang perlu diketahui, pada mesin jahit elektrik pengaturan jalur benang atas dan bawah hingga jenis jahitan harus dilakukan satu per satu secara manual. Hal ini dikarenakan mesin jahit elektrik belum dilengkapi fitur selengkap yang ada pada mesin jahit komputer. Selain itu, mesin jahit elektrik juga dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau sehingga banyak orang yang tertarik mengoleksinya sebagai mesin jahit di rumah.