Jangan Buru-Buru, Ini Cara Mengajarkan Anak Membaca yang Benar

Share:
Ketika anak Anda sudah memasuki usia sekolah, pastinya Anda akan risau karena ia belum bisa membaca, kan? Namun, tenang saja. Tak usah buru-buru. Anda harus mengajarkan anak membaca dengan benar. Anda bisa menerapkan cara mengajarkan anak membaca yang santai namun menyenangkan dan bisa mereka serap ilmunya dengan mudah. Seperti apa?

1. Tarik Minat Membacanya Lebih Dulu
Cara pertama dalam hal mengajarkannya membaca yang bisa Anda ambil adalah menarik minat membacanya lebih dulu. Anda bisa memperkenalkannya dengan buku. Ingat, buku adalah media belajar yang sangat bagus. Anda bisa memperkenalkannya sejak usia satu hingga dua tahun.
Meski pada usia ini anak belum bisa belajar membaca, namun menenalkan anak pada buku bisa merangsang minatnya untuk terus membaca buku. Selain itu, Anda bisa mulai bacakan ia dongeng atau cerita di usia tersebut dari buku yang ada.

2. Kenalkan dengan Buku Alfabet
Ketika Anda datang ke toko buku yang khusus untuk anak usia dini, Anda bisa memperlihatkan berbagai buku menarik padanya. Salah satunya adalah buku tentang huruf alfabet. Buku seperti ini biasnaya memiliki gambar yang menarik bagi anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa mengenalkannya dengan huruf-huruf lebih awal.

3. Dekorasi Kamar Anak dengan Huruf
Lalu, langkah agar anak terbiasa dengan huruf adalah Anda bisa mendekorasi kamarnya dengan berbagai hurug. Misalnya, membuat stiker huruf dan ditempelkan di dinding. Sesekali, temani anak dan mulai ajari ia tentang huruf yang ditempel tersebut mulai usia 2 hingga 2,5 tahun. Ulangilah sesering mungkin agar mereka paham dengan hurufnya.

4. Manfaatkan Media yang Ada di Sekitar
Anda juga bisa memanfaatkan media yang ada di sekitar untuk membuat si kecil lebih memahami apa yang Anda ajarkan. Cara ini terbilang cuku efektif terlebih bila si kecil sudah mengenal huruf-huruf meski belum bisa membacanya. Untuk hal ini, tak ada salahnya Anda melihat kecenderungan si kecil lebih dulu.

Maksudnya adalah Anda bisa melihat media apa yang disukai anak. Ada anak yang menyukai media elektronik sebagai bantuan. Tapi, ada juga yang menyukai media buku gambar, puzzle, karpet bergambar dan lainnya. Tak masalah yang mana saja, asal si kecil suka dan mau belajar dengannya.

5. Awali Belajar Membaca dengan Mengenalkan Huruf Vocal
Cara mengajarkan anak membaca bisa Anda mulai dengan memperkenalkan huruf vokal lebih dulu. Beri tahu padanya bahwa huruf a memiliki bunyi seperti apa, begitu juga huruf yang lainnya. Setelah itu, Anda bisa memperkenalkan huruf konsonan pada si kecil. Mulailah memperkenalkan huruf konsonan yang biasa digunakan sehari-hari lebih dulu.

Misalnya saja, huruf b, l, k, h, r, n, m dan masih banyak lagi. Setelah dia mengerti tentang beda huruf tersebut dan bagaimana bunyinya, mulailah dengan merangkaikannya per suku kata. Sedikit-sedikit saja asal dia mengerti. Jika sudah, barulah lanjutkan dengan per kata.

6. Sambil Bernyanyi
Cara mengajarkan anak untuk membaca yang efektif adalah dengan mengajaknya belajar sambil bernyanyi. Jangan terlalu dipikirkan seperti apa suara Anda. Asalkan Anda bisa menyanyikannya dengan benar, si kecil tentunya akan suka dan apa yang Anda ajarkan pun akan lebih lengket.
Memang, cara terbaik untuk mengajarkan anak membaca adalah dimulai sejak dini. Cara mengajarkan anak membaca dari usia belia tersebut bisa membuatnya lebih lengket. Namun, tetap tanpa paksaan, ya! Agar mereka bisa menyerap ilmu yang diajarkan dengan benar, baiknya berikan S26 NutriSure Gold yang bisa memberi dukungan nutrisi untuknya.