9 Daftar Menu MPASI 6 Bulan agar Bayi Mau Makan

Share:
Sampai saat ini ASI memang merupakan makanan terbaik yang wajib diberikan hingga usia 2 tahun. Meskipun begitu, ketika usia si kecil sudah menginjak 6 bulan, tak ada salahnya Anda mulai memberikan makanan pendamping ASI untuk sang buah hati. Lantas apa saja sih MPASI yang baik untuk si kecil. Berikut menu MPASI 6 bulan agar bayi mau makan.

Bubur Wortel
Selain enak dijadikan jus dan kaya akan sumber vitamin A, ternyata wortel juga sangat direkomendasikan sebagai makanan pendamping ASI untuk sang buah hati. Cara mengolahnya juga cukup mudah. Anda hanya perlu merebus sayur yang kaya akan vitamin A ini terlebih dahulu kemudian haluskan menggunakan blender, mudah dan praktis bukan?

Bubur Pisang
MPASI 6 bulan pertama yang bisa Anda berikan untuk si kecil selanjutnya adalah buah pisang. Hampir semua orang menyukai buah yang satu ini. Begitu pula dengan bayi. Anda bisa menjadikan buah pisang ini sebagai bubur. Namun bagi Anda yang tak ingin repot, Anda juga bisa mengambilnya sedikit demi sedikit menggunakan sendok.

Bubur Pepaya
Buah pepaya sangat cocok dijadikan sebagai MPASI untuk sang buah hati, pasalnya buah pepaya kaya akan papain yang sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan si kecil. Tak hanya itu saja, pepaya juga mengandung asam folat dan zat besi yang mampu membatu proses perkembangan otot bayo agar berjalan lebih maksimal.

Bubur Alpukat
Ternyata Anda juga bisa menggunakan buah alpukat untuk memperkenalkan berbagai rasa. Buah alpukat ini mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk si kecil seperti vitamin A, C, magnesium, dan kalsium. Nutrisi penting yang terkandung dapa buah alpukat sangat bermanfaat untuk mengikatkan motorik dan daya tahan tubuh sang buah hati.

Bubur Pir
Buah memang merupakan alternatif yang karap dipilih untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI. Tak terkecuali buah pir. Buah pir tergolong cukup manis dan Anda tidak perlu menambahkan gula. Mengapa? Sebab bayi usia 6 bulan memang sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi gula dan garam agar dapat belajar cita rasa yang alami.

Bubur Susu
Bayi yang sudah berusia 6 bulan ternyata sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI bubur susu. Bubur ini dapat Anda buat sendiri dengan menggunakan campuran tepung beras merah dan susu. Pasalnya tepung beras merah cenderung lebih banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh si kecil dibandingkan dengan tepung beras putih.

Bubur Ubi Jalar
Menu MPASI yang bisa Anda coba selanjutnya adalah bubur ubi jalar. Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung zat besi, kalsium, maupun vitamin A, E, dan C yang sangat efektif untuk membantu proses pertumbuhan sang buah hati. Anda bisa membuat beberapa kreasi makanan dari ubi jalar seperti ubi rebus ataupun bubur ubi jalar.

Kacang Panjang
Selain memberikan buah-buahan pada si kecil. Tak ada salahnya Anda mencoba memberikan sayur kacang panjang sebagai makanan pendamping ASI. Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang berserat dan kaya akan vitamin B. Agar si kecil lebih mudah dalam mencernanya, buatlah bubut kacang panjang yang diberi tambahan susu.

Bubur Kentang
Untuk memperkenalkan rasa gurih pada sang buah tai, Anda juga bisa memberikan bubur kentang. Anda bisa mengolah kentang tersebut menjadi bubur agar lebih mudah dicerna olah sang buah hati. Pertama kupas kentang kemudian rebus hingga empuk dan haluskan menggunakan bandar dengan menambahkan sedikit susu.

Itulah beberapa menu MPASI 6 bulan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Dengan demikian maka MPASI yang Anda berikan kepada sang buah hati cenderung lebih berkualitas dan terjamin dibandingkan apabila Anda harus membelinya di toko. Pastikan Anda memberikan nutrisi yang memadai demi menunjang tumbuh kembang sang buah hati.