Resep Membuat Cake Coklat Kukus Yang Lembut

Share:
Nampaknya coklat memang menjadi makanan favorit setiap orang dari berbagai usia. Makanan pemicu bahagia ini sangat populer dan hampir pada setiap menu yang manis pasti tersedia rasa coklatnya, mulai dari minuman, makanan, kue, dan sebagainya, bahkan saat ini banyak kafe modern yang menyediakan menu khusus coklat saja. Olahan kue coklat atau lebih dikenal dengan cake coklat juga amat digemari dan banyak disediakan para penjual roti karena peminatnya tak pernah berkurang.

Untuk mendapatkan cake yang seenak di toko roti sebenarnya tak harus terus membeli, karena anda bisa belajar membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep cake coklat di bawah ini :

Bahan Resep Cake Coklat
  • 20 gr coklat bubuk kualitas bagus, tak hanya coklatnya namun semua bahan yang dipilih sebaiknya yang berkualitas, supaya hasil yang didapat juga maksimal.
  • 100 gr tepung terigu kualitas bagus, pastikan tepung tak berbau apek lalu ayak untuk mendapatkan tepung yang halus tak bergerindil.
  • 4 butir telur ayam ukuran sedang.
  • 100 gr mentega, lelehkan dengan cara diuapi di atas air mendidih.
  • 125 gr gula pasir.
  • ¼ sendok teh pelembut roti, biasanya yang digunakan adalah merk SP.

Bahan Krim untuk Pelapis
  • 200 gr gula pasir.
  • 100 gr tepung maizena.
  • 50 mili liter krim kental.
  • 3 sendok makan coklat bubuk.
  • 700 mili liter susu murni cair, atau susu bubuk full cream.

Bahan Pelengkap
Selain semua bahan utama tadi, bahan pelengkap dalam sajian kue ini juga diperlukan untuk menunjang kelezatan dari kue itu sendiri, bahan tersebut diantaranya 100 gram dark coklat yang sudah diiris tipis atau diparut dengan parutan keju, 150 gram dark coklat yang sudah dilelehkan, dan hiasan buah segar seperti potongan stroberi, anggur, raspberry dan sebagainya. Untuk penggunaan coklat serut atau dilelehkan boleh dipilih salah satu. Hanya saja taburan parutan coklat di atas sajian kue akan menambah kesan cantik dan menggugah selera.

Cara Membuat Resep Cake Coklat
1. Pertama kocoklah telur bersama gula pasir menggunakan mixer sampai mengental, setelah itu tambahkan pelembut roti, tepung terigu serta coklat bubuk ke dalamnya, aduk merata.
2. Selanjutnya matikan mixer, tuangkan mentega cair sekaligus lalu diaduk dengan spatula hingga benar-benar tercampur rata.
3. Selanjutnya siapkan loyang, olesi mentega dan lapisi dengan kertas roti, tuang adonan cake coklat ke dalamnya, hentak-hentakkan sebentar lalu panggang pada suhu 175 derajat selama setengah jam sampai matang.
4. Sementara menunggu kue matang, siapkan dulu adonan krim pelapisnya, caranya panasi susu bersama semua bahan krim sampai matang, angkat, tuang dalam loyang dan dinginkan supaya mengental.
5. Cake coklat yang sudah matang diangkat kemudian ditaruh di atas tempat yang datar, potong kue jadi dua bagian secara horisontal kemudian pada salah satu permukaan kue diolesi dengan krim pelapis, tumpuk dengan bagian kue lain dan siram dengan coklat cair. Ratakan coklat di seluruh permukaan kue dan dinginkan.
6. Pindahkan cake dalam piring saji, susun potongan buah disekeliling kue dan taburi dengan coklat serut.

Demikian adalah Resep cake coklat, semoga bermanfaat untuk anda, terimakasih dan selamat mencoba.